Selasa, 03 Juli 2012

PRINSIP PEMBANGKITAN LISTRIK



Pengaruh medan magnet pada kumparan dalam sirkuit tertutup akan membangkitkan arus listrik dalam kumparan tersebut. Arus yang dibangkitkan ini disebut arus induksi. Membuat pengaruh medan magnet terhadap kumparan, dapat dilakukan dengan banyak cara antara lain :


Pengaruh medan magnet atau perubahan garis gaya terhadap kumparan dapat dilakukan dengan menggerakkan magnet batang terhadap kumparan, gambar 4.
Pada gerak maju, jarum penunjuk menyimpang ke suatu arah, kemudian kembali ke 0 dan pada gerak mundur, jarum menyimpang kearah lain dan kembali ke 0. Bila kutub dirubah arah, jarum akan berubah pula. Jadi arah yang megalir ditentukan oleh bentuk perubahan fluks dan jenis katub yang mempengaruhi.
Gambar 1: Dengan Mengerakan Magnet Batangan



Pengaruh medan magnet atau perubahan garis gaya terhadap kumparan dapat juga dengan memutar kumparan ditengah medan magnet, gambar 5. Bila kumparan diputar satu putaran, maka jarum penunjuk akan menyimpang kesatu arah, kembali ke 0, menyimpang kearah yang lain dan kemudian kembali ke 0 lagi. Gerakan yang ditunjukkan jarum penunjuk, menunjukkan bentuk dan arah arus yang dibangkitkan. Arus ini disebut arus bolak – balik.
Gambar 2: Dengan Memutar Kumparan

Kesimpulan
Bahwa untuk membangkitkan listrik dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan menggerakkan relatif magnet pada kumparan yang tetap atau dengan menggerakkan
relatif kumparan didalam medan magnet yang tetap.

Referensi : Modul 1 Udiklat Suralaya PT. PLN Persero

Tidak ada komentar:

Posting Komentar